Patsho's Blog

PPDS Universitas Indonesia (Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin)

Posted on: November 19, 2010

Saya bukan alumni Universitas Indonesia, karenanya ketika saya mau mencoba mendaftar PPDS di UI saya kebingungan. Saya mencari info di internet tapi tidak banyak yang saya dapatkan. Jadi saya pikir, mungkin dengan menulis apa yang saya alami dapat membantu orang lain yang mau mendaftar seperti saya tapi tidak tau harus bertanya pada siapa.

Untuk IKKK paska PTT biaya uang masuk 26 jt  an @ semester 10 jt.

Untuk pra PTT, uang masuk 71 jt an @ semster 15 jt

Untuk IKKK syaratnya sudah pernah bekerja minimal 1 tahun.

Pendaftar sekitar 40 orang, diterima sekitar 5 orang.

 

Langkah Langkah mendaftar PPDS UI (kulit kelamin)

1. Membeli formulir pendaftaran.

Membeli formulir pendaftaran di gedung CHS di UI salemba seharga… (waduh aku lupa 50 rb ato 70 rb kayanya). Gedung CHS letaknya di seberang lapangan basket FK UI… di gedung makmal terpadu endokrinology warna kehijauan yang banyak kaca kacanya… masuk, naik ke lantai 2.

 

2. Mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat syarat

Mengisi formulir harus pake mesin ketik, so kalo ga punya mesin ketik coba tanya waktu beli formulir, bisa ga minta bantuan ngetikin atau pinjam mesin ketik di CHS (kata temenku bisa soalnya, dari pada ke kelurahan.. pinjem mesin ketik… tapi seblumnya siapin dulu data data isian yg mau di ketik.

syarat syaratnya aku sudah agak lupa jadi kira kira:

- Mengisi formulir. ( cari rekomendasi 3 orang, ga perlu pake surat, nama ajah, kecuali memang ada rekomendasi khusus…), data pribadi, riwayat kerja, judul karya ilmiah,dll

- Surat permohonan pendaftaran 4 lembar (sudah ada contohnya di form)

- Materai dan foto 4×6 berwarna 4 buah

- Ijazah dan transkrip S.Ked n profesi 4 lembar

- Surat sehat dari instansi pemerintah (puskesmas maksudnya)

- Surat rekomendasi dari IDI 4 lembar dan legalisir asli

- Surat keterangan purna PTT

- FC STR 4 lembar

-transfer uang pendaftaran ke BNI sejumlah… 100rb kalo ga salah.

lainnya aku lupa…….

 

3. Menyerahkan formulir.

4. Menunggu surat pemberitahuan berkas sudah di terima

5. Menunggu surat atau telpon jadwal ujian


6. Daftar ulang dan membayar uang test kesehatan

- Menyerahkan  foto 3×4 berwarna 2 buah

- Membayar Rp. 1.500.000,00 untuk bea pemeriksaan kesehatan dan test lain lain.

- Menyerahkan hasil test TOEFL kalau sudah punya.

 

7. Test PPDS

-Hari I :  pengarahan dan test kesehatan :

periksa Ro di Radiologi, Periksa ECG,  darah dan urin di poli lt 3 RSCM

- Hari II : test kesehatan: pemeriksaan fisik di poli lt 3 RSCM

 

- Hari ke III dan IV : wawancara khusus

Jadwal akan diberikan hari ke 2 apakah kita wawancara hari ke 3 atau ke 4.

Pertanyaan wawancara berkisar pada pertanyaan yang telah diberikan di form pada hari I, jadi tulis dan jawablah dengan baik form itu.

Pertanyaan dalam form: identitas, riwayat pekerjaan, pekerjaan suami, orang tua, motivasi masuk ke kulit, alasan menyukai dermatology dan venerology, bidang khusus yg disukai di dermato venerology, kegiatan selama mahasiswa, kesediaan jadi pengajar, keberatan berpisah dari keluarga, upaya pengembangan diri dan keilmuan, hobby, kemampuan bahasa inggris aktif pasif, kesiapan ekonomi.

Bagi yang mengisi kemampuan bahasa inggris aktif maka sebagian wawancara dalam bahasa inggris.

 

- Hari ke V : Test TOEFL

Di ilmu kesehatan kulit kelamin, bisa memakai hasil test yg sudah diikuti sebelumnya ( 6 bln sampai 1 bln sebelumnya) di LBI UI. So saran saya ikut aja UI’s prediction test seharga 75 rb sampai nilai yg diinginkan. paling lama 6 bln, paling cepet 1 bulan.

Test TOEFL setiap hari kamis ke 2 dan 4  jam 09.00 di LBI UI salemba. Pendaftaran bisa via telp ( 021-31930335, 31902112 ) minimal 3 hari sebelumnya, biaya di transfer ( bank BNI can UI depok no 0138303894 an LBI FIB UI ) dan bukti pembayaran di fax ( 021- 3155941, 3156341 ) atau datang langsung ke LBI UI. Hasil bisa diambil 3 hari kemudian.

Untuk test TOEFL siapkan pensil 2 b, penghapus, rautan dan pulpen, KTP dan FC KTP serta foto( ukurannya saya lupa, kalo ga salah 3×4 2 buah)

 

- Hari ke VI : Test Psikologi n Psikiatri

Persiapan:

- Istirahat cukup karena bakal capee banget. Jangan lupa sarapan.

- Baju hangat (asli adem bangetttt), pensil HB dan 2b, pulpen, penghapus, rautan, lem, foto 3×4 berwarna 2 buah.  Jangan lupa bawa minum n bekal makan siang karena testnya sampe soreeeee….

Test nya: test IQ (test kemampuan verbal, test soal cerita matematika, deret hitung, kubus ruang, mencocokkan gambar yang udah di bagi bagi, njumlahin angka ke atas, mengingat kata, psikotest, test gambar, MPPI, wawancara.

 

- Hari ke VII : Test teori dan Bahasa Inggris

Persiapan: pensil 2b, penghapus, rautan, pulpen, kamus bahasa inggris

Test teori : semuanya dari buku merah UI, sampe sekecil kecilnya… jadi kalo apal buku merah UI dijamin nilainya 100. wkwkwkwkwk

Test bahasa inggris : diberi jurnal dermatovenerology, terus dikasi pertanyaan essay sehubungan dengan jurnal tersebut. Bole pake kamus bahasa Inggris baik buku maupun elektronik tapi ga bole pake hp.

 

8. Menunggu pengumuman

Semua yang telah dilakukan, telah dilakukan. Jadi tinggal nunggu ajah, kalo emang jatahnya keterima pasti keterima. Kalo bukan jalannya udah berusaha 150% juga masi belum keterima.

Maximal mencoba IKKK UI 2 kali…. selamat mencoba.

16 Responses to "PPDS Universitas Indonesia (Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin)"

persyaratan ppds kul-kel fk ui untuk 2011 apa saja ya? ipk 2,75 itu untuk ipk gabungan sked dan koas, atau hanya ipk koas? kalau nilai kul-kel sewaktu koas tidak B, apakah diperhitungkan?

persyaratannya sepertinya kurang lebih sama, untuk lebih jelasnya bisa tanya langsung ke CHS atau bagian kulit.
masalah IPK apakah diperhitungkan, saya tidak terlalu tau kriteria penilaian, karena tidak ada keterangan jelas, tapi kalau dari 40 orang diambil 5 orang, pastinya mereka mengambil yang terbaik dari yang terbaik…

Syarat sudah bekerja minimal 1 tahun, apakah termasuk ptt atau bekerja di rumah sakit/klinik?

bila sudah PTT masuknya nanti yang paska PTT, bila sudah bekerja di RS / klinik min 1 th namun belum PTT maka masuknya nanti pra PTT…

nilai toefl boleh pake dari luar LBI UI ngga?

setahuku yang dipakai hanya LBI UI, kalo diluar itu bakal ikut test TOEFL lagi waktu ujian(yg juga dr LBI UI)

saya brminat PPDS UI, tp saya dgr kabar ktny biayanya sampai 800juta. itu bneran?

engga kok, ga ada jalur khusus setahu saya
untuk yang reguler bukan tugas dari universitas ato laennya seperti yang sudah saya tulis biaya nya.
bahkan kalo uda ptt mau bayar lebih mau bayar kaya yang ga ptt (lebih mahal) tetep ga bisa. uda standar nya segitu.

kalau IPD UI gimana Ujiannya? minta info dong dok.

apakah kalau kita mau masuk IPD harus minta rekomendasi dari dokter spesialis penyakit dalam? perlu gak ya rekomensasinya atau harus kah? kalau tidak bagaimana?
terimakasi

menurut saya rekomendasi akan sangat bermakna kalo memang rekomendasinya bener bener rekomendasi krn kenal dekat atau sodara atau yang ada hub langsung. kalo cuma sekedar rekomendasi, dimana yg ngerekomendasi aja gak bakal inget nama kita itu cuma formalitas aja…. jadi ya ga usah terlalu dipusingkan… kalo punya rekomendasi khusus ya syukur… engga ya udah.. yang penting usaha.. setahu saya IPD pake sistem gugur… kalo test tertulis ga lolos.. ga akan maju babak selanjutnya yaitu wawancara n test kesehatan.. selamat mencoba…

Saya berminat PPDS UI. Saya mau taunya, apa PTT menjadi salah satu faktor penting dalam pertimbangan penerimaan PPDS di UI?? Karena saya dengar PTT itu mendapat poin tersendiri.. Apa betul?
Terimakasih sebelumnya.

untuk pastinya saya tidak tau persis, tapi menurut saya dari hasil seleksi PTT dan non PTT punya porsinya sendiri sendiri, jadi selama hasil test nya oke, baik ptt ato non ptt punya kesempatan yang sama menurutku, yang membedakan ada pada biaya nya, uang masuk dan biaya persemesternya berbeda cukup jauh. tapi kalo kesempatan masuk saya rasa sama.

Makasi atas infonya. memang ada sebagian mengalami sistem gugur seperti pengalaman dr jati (2008). tapi dari pengalaman dr thressi ikut ujian semua kemudian nunggu pengumuman sama seperti yang di bagi diblog ini. Apa tiap tahun berubah ubah ya? Saya juga alumni yang bukan dari Ui, dan semua orang slalu nakut nakuti bahwa IPD UI itu susah masuknya jadi ketakutan begitu, tapi dicoba aja dulu yang penting usaha dulu. Tapi kisi-kisi soalnya punya gak? makasi

thanks atas info@
btw ada ga info ttg ilmu penyakit saraf
thx b4

wah maap sekali, saya hanya menulis berdasar pengalaman jadi saya ga tau info ttg neuro… anyway met mencoba, semoga sukses..

Leave a Reply

  • Henny: "Bagaimana caranya membuat anggaran?!" *nagih.com* Sangat dinantikan postingan yg ini... :] Diriku mo belajar dr masternya hehhe
  • patsho: wah maap sekali, saya hanya menulis berdasar pengalaman jadi saya ga tau info ttg neuro... anyway met mencoba, semoga sukses..
  • g sa jadi: thanks atas info@ btw ada ga info ttg ilmu penyakit saraf thx b4

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

