Patsho's Blog

Apakah sabun antiseptik selalu menjadi solusi untuk keluhan gatal di kulit?

Posted on: January 13, 2011

Pernah suatu kali ada yang mengeluh pada saya bahwa dia sering mengalami gatal gatal di tangan dan kakinya. Dia mengatakan bahwa dia sudah memakai sabun antiseptik merk ternama setiap hari, namun masih saja gatal itu tidak hilang.

Lalu saya bertanya dalam hati, apakah mungkin kebanyakan orang berpikir jika mereka merasa gatal itu identik dengan kulit mereka tidak bersih atau berkuman sehingga solusinya adalah sabun antiseptik?

Sebenarnya gatal hanyalah sebuah gejala, bukan penyakit. Beberapa penyakit dalam dan luar (maksudnya kulit maupun bukan penyakit kulit) bisa menimbulkan gejala gatal. Menurut buku Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin terbitan Universitas Indonesia, definisi dari gatal adalah sensasi kulit yang iritatif dan menimbulkan rangsangan untuk menggaruk. Gatal ini merupakan hasil rangsangan gradasi ringan pada serat saraf. Bila gradasi berubah lebih berat maka mungkin tidak timbul gejala gatal tetapi timbul rasa nyeri.

Jadi bila kita merasakan sensasi gatal itu tidak sama artinya dengan kulit kita kotor dan harus memakai sabun antiseptik. Karena ada beberapa kasus dimana kulit kita gatal bukan karena kuman, namun karena alergi, atau karena kulit kita sangat kering. Pada keadaan yang demikian pemakaian sabun antiseptik tidak membantu namun justru memperberat keluhan gatal. Sabun antiseptik cenderung lebih iritatif dan menyebabkan kulit menjadi kering sehingga rangsang gatal semakin berat. Pada beberapa orang dengan kulit yang sensitif, sehingga ketika digigit nyamuk akan meninggalkan bekas kehitaman yang lama hilang, sebaiknya sabun antiseptik tidak dijadikan pilihan untuk pemakaian sehari hari. Pilihlah sabun yang kaya kandungan pelembabnya sehingga kulit tidak menjadi kering dan tidak mudah teriritasi.

Pada keadaan kulit yang terinfeksi bakteri atau jamur memang sabun antiseptik dapat membantu penyembuhan. Sabun antiseptik juga dapat mencegah terjadinya infeksi. Namun itu tidak berarti bahwa sabun itu baik digunakan setiap hari. Tentukan dulu apa penyebab gatal pada kulit, dan obatilah sesuai dengan penyebabnya. Jika gatal tersebut karena jamur maka anti jamur adalah obat yang paling tepat. Bila karena bakteri, maka antibiotik dan antiseptik yang tepat akan sangat membantu. Namun bila karena alergi, maka obat anti alergilah solusinya. Tanyakan pada dokter anda sebelum membuat kesimpulan, bila anda tidak cukup mengerti penyebab gatal anda.

 

3 Responses to "Apakah sabun antiseptik selalu menjadi solusi untuk keluhan gatal di kulit?"

apakah penyakit kudis bisa d sembuhkn dgn sabun antiseptik?

bisa tolong dijelaskan dulu apa yang dimaksud dengan “kudis” itu? karena definisi ‘kudis’ anda dengan definisi ‘kudis’ saya mungkin tidak sama…
apakah gatal? dimana? berapa lama? adakah nanah? adakah sisik? adakah gelembung isi air?

ohya , saya mau tanya..
kaki saya selalu gatal2 dan meninggalkan bekas kehitaman yang sukar hilang ..
sudah sekitar 2 tahun selalu saja begini …
alhamdulillah , kaki kiri saya gatal2 dan bekas kehitaman’a sudah berangsur2 hilang ..
tapi , malah kaki kanan yang sudah parah dan bekas2 kehitaman itu sudah menjalar hingga ke keatas … saya malu … saya ingin sembuh ..
bagaimana cara’a?😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • patsho: hi natnat.... aku juga awalnya newbie makanya banyak salah beli hahahha... semoga dikau ga salah beli kaya aku round top brush nya kecil banget lho..
  • natnat: wah, lengkap sekali koleksi brushnya :) salam knal, aku rencananya mau ngumpulin brush juga nih, newbie banget soalnya.. btw round top brushnya mw d
  • Adit: Dokter mau nanya apakah persyaratan untuk 2015 sama atau berubah?dan apakah benar pemdaftar spesialis kulit kelamin kalo cowok lebih susah diterima di

Categories

%d bloggers like this: