Patsho's Blog

Obat Flu apa yang paling bagus?

Posted on: October 15, 2010

Sering sekali saya di tanya oleh pasien, teman, kerabat atau bukan kerabat, obat flu apa sih yang bagus?

Dan jawabnya… Panjang!

Banyak orang berpikir bahwa obat-obat flu yang di jual di pasaran seperti misal, panadol cold n flu, actifed, sanaflu, bodrex flu dan batuk dan masih banyak lagi yang lain, dapat menyembuhkan flu. Semakin cepat flu itu sembuh setelah minum obat tersebut berarti semakin bagus obat flu tersebut.

Hmmmm… Benarkah itu?

Sebenarnya, tidak demikian menurut saya. Ada yang salah kaprah tentang pemahaman flu dan obat flu hari-hari ini atau selama ini.

Penyakit yang biasa kita sebut FLU, yang ditandai bersin-bersin, pusing, nyeri kepala, meler, batuk, baik disertai demam maupun tidak… adalah penyakit orang kebanyakan. Penyakit ini sebenarnya dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri, dapat pula hidung meler dan bersin disebabkan karena alergi. Untuk dapat menyembuhkan FLU kita harus menghilangkan penyebab dari penyakit flu tersebut yaitu bakteri atau virus.

Obat-obat Flu yang di jual di pasaran sebenarnya tidak dapat membunuh penyebab flu. Substansi yang terkandung di dalam obat tersebut ditujukan untuk meringankan gejala-gejala flu. Bukan untuk menyembuhkan flu.

“Tapi kalau saya flu sembuh kok dengan minum obat itu”.

Tentu saja anda sembuh, tapi bukan karena obat tersebut anda sembuh, namun karena daya tahan tubuh anda yang memerangi penyebab FLU tersebut (biasanya virus). Obat flu yang anda minum hanyalah membantu meringankan gejala sepeti demam, nyeri kepala, hidung tersumbat, gatal di tenggorokan yang biasanya menyertai flu, serambi tubuh membunuh penyebab flu itu sendiri.

Jadi bagaimana caranya agar penyebab flu itu hilang dari tubuh kita?

Jika penyebabnya adalah bakteri maka salah satu cara adalah dengan minum antibiotik yang tepat. Kunjungi dokter anda untuk hal tersebut. Namun jika penyebabnya adalah virus, maka tidak ada antibiotik yang dapat membunuh virus, karena sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat membunuh virus. Itulah sebabnya belum ada obat untuk penyakit AIDS yang juga disebabkan oleh virus. Satu-satunya yang dapat membunuh virus adalah pertahanan tubuh kita sendiri. Sebenarnya tubuh kita pun dapat membunuh bakteri. Namun pada keadaan di mana jumlah bakteri melebihi kemampuan sel pertahanan tubuh untuk memeranginya, maka akan timbul infeksi. Oleh karena  itu pada infeksi bakteri kita membutuhkan antibiotik untuk penyembuhan yang lebih cepat dan optimal. Sedangkan pada infeksi virus dimana kita belum memiliki obat yang dapat membunuh virus, kita hanya dapat mengandalkan pertahanan tubuh kita saja untuk membunuhnya.

Bagaimana saya membedakan flu itu karena virus atau bakteri?

Bahkan dokter pun sering kali tidak tahu pasti apakah itu disebabkan karena virus atau bakteri atau keduanya di masa-masa infeksi awal. Karena gejalanya relatif mirip. Namun untuk mudahnya, jika anda teserang flu, dengan ingus yang bening… Anggap saja itu karena virus, yang biasanya akan membaik sendiri setelah 3 sampai 7 hari dengan istirahat yang cukup. Namun bila setelah 3 hari anda tidak membaik, sebaiknya anda pergi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Datang pada saya juga boleh  :p

Jika anda menemukan ingus anda sejak awal sakit kehijauan atau kekuningan, maka kemungkinan besar itu disebabkan karena bakteri, dan anda perlu ke dokter untuk mendapat antibiotik yang tepat. Jangan asal membeli antibiotik dan mengobati penyakit anda sendiri, karena pengobatan yang kurang atau tidak tepat dapat menyebabkan kuman setengah hidup setengah mati dan dapat berubah menjadi kuman yang lebih susah untuk diobati.

Jadi apa obat flu yang bagus?

Istirahat.

Salah satu yang dibutuhkan agar anda dapat cepat sembuh dari flu adalah istirahat. Saat anda istirahat anda memberikan kesempatan pada tubuh anda untuk memerangi kuman atau virus dengan lebih baik serta membantu tubuh anda memperbaiki sel-sel yang rusak akibat infeksi tersebut.

Jadi kalo ada yang bertanya, “Obat flu apa si dok yang bagus, soalnya saya sibuk banget ni dok, mahal juga ga papa deh dok yang penting cepet sembuh!” Apakah anda sering mengatakan ini pada dokter anda? Sekarang anda pasti sudah tau jawaban dari pertanyaan anda bukan?

Yak! Kalo flu anda karena virus… Maka mau obat semahal apapun jika tidak disertai istirahat cukup.. Semua sia-sia. Anda hanya akan memperkaya pabrik obat.

Jika flu anda disebabkan oleh bakteri, istirahat yang cukup sangat membantu kerja antibiotik membunuh kuman. Antibiotik dibantu pertahanan tubuh yang kuat adalah pasukan S.W.A.T untuk memerangi flu karena bakteri. Cukup makan dan minum suplemen juga jangan dilupakan.

So apapun obat flu di pasaran yang anda pilih, apapun merk nya ,saya rasa itu tidak masalah, toh kandungan mereka relatif sama. Selama anda tau bahwa obat-obat tersebut tidak dapat menyembuhkan flu, namun hanya ditujukan untuk memperingan gejala flu saja.


  • patsho: hi natnat.... aku juga awalnya newbie makanya banyak salah beli hahahha... semoga dikau ga salah beli kaya aku round top brush nya kecil banget lho..
  • natnat: wah, lengkap sekali koleksi brushnya :) salam knal, aku rencananya mau ngumpulin brush juga nih, newbie banget soalnya.. btw round top brushnya mw d
  • Adit: Dokter mau nanya apakah persyaratan untuk 2015 sama atau berubah?dan apakah benar pemdaftar spesialis kulit kelamin kalo cowok lebih susah diterima di

Categories

%d bloggers like this: